Sering sekali kita menjumpai produk-produk Indonesia  ada di swalayan atau super maket besar di Luar Negeri khususnya UAE, walaupun jenis nya tidak terlalu banyak,  bahan makanan yang umum dan sangat mudah dikenal oleh kita dan juga sering dipergunakan oleh penduduk local ataupun pendatang yakni Mie Istant Indomie, Kecap Indofood, Kecap ABC, kacang Garuda, sambel cabe ABC dan Indofood. ini artinya kurang lebih hanya beberapa perusahaan saja yang mewakili Indonesia yang sudah masuk ke negara UAE atau mungkin dinegara-negara lain juga?

Berjejer dengan nama-nama produk unggulan dari masing masing negara. Mulai dari buah yang tuliskan Banana philipine ( Pisang Ambon), Thai Durien, Thai Rambutan, Thai chilie, thai manggoesten, Thai lemon grass, Indian Manggo, Indian Onion, Marocoan Tea, Chinese green tea, dan lain-lain. Bagusnya mereka  selalu menambahkan nama negara di depan atau dibelakangnya sehingga promosi negara mereka secara tidak langsung terjadi.

Sedikit banyak kita jumpai kualitas unggulan mereka tidak sebaik kualitas unggulan produk yang dimiliki Indonesia, negara kita yang luas terbentang dari sabang merauke sangat mustahil apabila tidak memiliki produk-produk unggulan. Negara kita mengandung sumber daya alam yang melimpah dengan keaneka ragaman bentuk jenis dan cara berproduksi indonesia berhasil membuahkan hasil-hasil unggulan.

Terselip pertanyaan dalam hati pikiran saya kenapa Negara kita tidak berani memberikan merk untuk jenis-jenis barang unggulan dengan brand yang meberikan ciri khas indonesai, karena saya pikir baik sekali sebagai promosi produk unggulan dan promosi negara kita yang sanagt kaya, contohnya Di prancis saya melihat bekicot dalam kemasan kaleng dengan merk prancis dilihat sedikit ternyata produk Indonesia dikalenkan di prancis ? sebagian buah-buahan yang ada di swalayan dibranded produk negara tertentu mellihat kardusnya ternyata produk Indonesia, Sambal Oelek ternyata buatan Belanda apa Indonesia tidak bisa bikin sambal ulek?  kopi disalah satu cafe penjul kopi terkenal menjual kopi berjenis Sumatra, Bali, kenapa tidak sumatra Indonesia, toh jenis kopi yang di jual di tempat yang sama meraka namakan jamaica, turky dan lain-lain.

Negara-negara tetangga berani mengibarkan bendera-bendera mereka contoh lain salah satunya retaurant di Dubai SINGAPORE DELY, Philipine House, Karachi darbar walaupun di menu makanan yang ada terdapat makan-makan dari negara lain termasuk Indonesia

Advertisements